Hitung-hitungan Jakarta Great Sale, Lagi.

Sebelumnya, hitungan kasar menyebutkan, Rp. 67000 per orang, berarti perhari, menghabiskan sekitar Rp. 1500, nah yang masih jadi pertanyaan:

Sebenarnya siapakah konsumen JGS?

Jika 1% dari total penduduk + komuter Jakarta saja menyumbang 20% total transaksi, berarti rata-rata tidak valid. Ada klasifikasi konsumen, yang belum bisa diidentifikasi.

Tapi jika dilihat dari barang apa saja yang sale/promo, kebanyakan adalah:
1. Pakaian (kisaran harga; 10ribu – 500 ribu, 500 ribu – 1.5 juta)
2. Alat-alat rumah tangga (kisaran harga sama seperti pakaian)
3. Elektronik (kisaran harga; 50ribu – 20 juta)

Nah dari kebanyakan barang promo, target market 15 – 45 tahun, range-nya besar, segmennya A-B.

Berdasar data penduduk miskin Jakarta: 4.7 juta jiwa, asumsi daya beli lemah.

15 juta jiwa – 4.7 juta jiwa = 10.3 juta jiwa, pasar potensial JGS

Rata-rata, konsumen, menghabiskan 100ribu rupiah, jika 1% merupakan konsumen A+ sisanya, adalah A-B.

Nah target tahun ini, jika dilihat trend tahun kemarin bagaimana?

bersambung

Advertisements

Leave a comment

Filed under Killing time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s