Ney, Turkish Flute

20120526-031449.jpg

Sumber gambar: kim sanders, world music

Saat ke Turki, salah satu kota yang sempat saya singgahi adalah Konya. Kota asal Rumi, di mana banyak sekali rumah dan hotel disekitaran makam rumi, yang dikhususkan untuk belajar sufi. Tidak jauh dari makam rumi, kita dapat menemukan pasar rempah dan pernak pernik khas konya, dan perhatian saya tertuju pada salah satu toko oleh-oleh yang menjual CD musik khas turki.

Ada album berjudul Ney, the sufi. Ney merupakan alat musik tiup, sejenis flute merdu sekali. Di album itu ada satu lagu berjudul Take a look at me now, si penjaga toko bilang, itu permainan instrumen saja, tapi artinya sangat bermakna, lagu itu seperti berbicara: tuhan, lihatlah aku, mahluk yang tak layak kau lihat ini, inin dilihat sekarang…berulang-ulang saya mendengarnya, hingga menjadi lagu wajib pengantar tidur, dan sudah jadi menu andalan di ipod saya.

Pejamkan mata, dan saya berada di dalam ruangan gelap, tenang. Blissful dapat ditemukan dimana saja, termasuk dari tiupan seorang maestro dengan ney kesayangannya.

20120526-031138.jpg

Salah satu sudut konya

Leave a comment

Filed under good music, jalankaki

Leave a Reply

