Boudin & Nabatean, Petra

petra, cerita dari nabatean

Dahulu, selama ratusan tahun, Petra hanya sebuah fabel, hingga pada tahun 1812 seorang petualang swiss John Lewis Burckhardt menyamar sebagai muslim dan masuk ke petra. Dijuluki sebagai the lost city, kini dunia modern mengenalnya, sebagai peninggalan bangsa nabatean salah satu rumpun dari bangsa arab yang terkenal memiliki peradaban tinggi dengan membangun sistem pengairan yang rumit, terlebih lagi memahat gunung cadas, menjadi bangunan bernilai seni tinggi pada masanya. Letaknya di Yordania, negara yang “kebarat-baratan” di timur tengah. Berbatasan langsung dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Satu-satunya pelabuhan Yordania adalah di ujung barat-daya, di Teluk Aqaba, yang sebagiannya juga dikuasai oleh Israel, Mesir, dan Arab Saudi. Nama resminya kerajaan hasyimiyah yordania, luasnya tidak lebih besar dari pulau jawa.

20120526-024159.jpg

Asal usul Petra

Sembilan tahun sebelum masehi, Bangsa nabatean menjadikan petra sebagai ibu kota, membangunnya dengan sistem pengairan yang komplex. Bangsa pengembara ini akhirnya menetap saat petra menjadi jalur perdagangan dunia. Hingga datanglah bangsa romawi menguasai petra, banyak bangunan baru dengan arsitektur gaya romawi kala itu, bangunan dan sistem pengairan bangsa nabatean berantakan, lambat laun petra ditinggalkan. Tahun 700 masehi, petra tinggal cerita.

Petra, dipercaya menyimpan harta karun. Ratusan benda peninggalan bangsa nabatean belum bisa teridentifikasi. Dibutuhkan waktu setidaknya dua minggu untuk menelusuri sisa-sisa bangunan bangsa nabatean, yang bergaya yunani dan romawi kuno di 36 titik seputaran wadi mousa, jabal al kubtha hingga jabal al deir. Petra masih menyimpan misteri seperti situs-situs lainnya di jazirah arab jejak bangsa nabatean.
Singkat cerita, anda akan berdecak kagum melihat bagunan masyarakat gerbang masehi, dan membayangkan betapa canggihnya teknik pembangunan saluran air, sistem irigasi, makam, hingga kuil pemujaan. Rata-rata, turis menghabiskan waktu satu minggu, Paling lama satu bulan hingga butuh camping menuju jabal harun, dipuncaknya dipercaya sebagai makam nabi harun. Untuk perjalanan ekonomis, dua hari sudah cukup menuju puncak jabal al deir.

The short trip

Petra merupakan lembah yang dikelilingi pegunungan, Terletak di selatan jordania, jarak dari Amman sekitar 280 km, tidak sulit menuju petra, karena banyak alternatif transportasi. Sewa taksi seharian 40 JD, dengan mini bus Jett, 8 JD (tapi harus booking terlebih dahulu), dan yang termurah bus umum ke petra di terminal bus Mujamma Janub, Amman, hanya 3 JD sekali jalan, perhatikan jadwal keberangkatan bus, paling aman, pukul 8 pagi sudah stand by di terminal, baik di amman, maupun terminal wadi mousa di petra. Saya pilih naik bus umum, dari segi kenyamanan toh sama saja, hanya beda harga. April adalah waktu terbaik, jelang musim panas, masih sejuk, dan matahari tidak terlau terik. Perjalanan dari Amman ke Petra sekitar empat jam. jika naik bus umum, bus akan berhenti satu kali di gas station (sekitar 2 jam perjalanan), kita bisa beli cemilan untuk isi perut sandwich isi daging, atau falafil (semacam prekedel dari kacang-kacangan) tidak lebih dari 1 JD.

20120526-024401.jpg

Tiba di terminal wadi mousa, ada mobil jemputan yang disediakan berbagai penginapan. Kebanyakan penginapan kelas backpacker menyediakan antar jemput gratis menuju terminal wadi mousa dan ke tempat penginapan.

Banyak penginapan di petra, dari yang paling mahal hingga kelas backpacker, best deal buat saya, adalah valentine inn, 15 JD semalam, sudah termasuk sarapan dan makan malam sepuasnya free internet pula, kebutuhan perut aman, walaupun dilidah tidak aman, asam dan asin jadi satu. Pilihlah penginapan yang menyediakan antar jemput gratis menuju situs petra, demi menghemat tenaga, karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk menjelajah petra. Cermati juga pilihan hari, senin, kamis dan sabtu khusus untuk petra by night.

Petra by night

12 JD, tiket masuk petra by night, dibuka pukul 20.30, malam ajaib di Petra bisa kita rasakan. Di bawah sinar bulan purnama (jika datang awal bulan) dan bintang-bintang, ditambah lilin-lilin sejak pintu pertama hingga al khaznez/The treasury (salah satu bangnan utama petra) sentuhan syahdu permainan musik khas suku boudin (badui) plus chai (teh ceylon dengan daun mint), sangat romantis, rugi kalau tidak bawa pacar. Usai pertunjukan banyak turis yang langsung berciuman mesra.

Tips:
Bila ingin serius memotret moment ini, bawalah kamera yang mumpuni, digicam standar tidak disarankan, karena cahaya hanya dari bulan & lilin.

Bawalah tikar atau sejenisnya, supaya bisa rebahan menikmati langit diiringi musik badui.

Hiking for fun

Jika memiliki waktu singkat, cobalah menentukan tujuan utama. Al khazneh (the treasury) dan al deir (the monastery) sangat dianjurkan. Dua bangunan ini menjadi simbol petra, yang paling sempurna dibanding situs-situs lainnya. Tiket masuk untuk menjelajah petra cukup mahal 50 JD, jadi jangan sia-siakan moment ini. Jalan kaki dari pintu masuk, hingga al khazneh, membutuhkan waktu 30 menit, jalan agak menurun, melewati celah pegunungan batu, yang dibentuk alam. Informasi tentang situs-situs di Petra cukup lengkap, jadi tidak butuh tourist guide lagi (selain mahal, perjalanan tidak bebas).

Jangan terlalu lama di al khazneh, bila ingin ke al deir, siapkan banyak tenaga, karena pemandangan menakjubkan menanti. Menuju al deir, kita akan melewati jalan utama bangsa nabatean, dan teater ala romawi, tenang saja, jalanan masih landai.

Melewati ribuan anak tangga, dan jalan menanjak, pemandangan indah mulai terlihat. Turis-turis menyebutnya shit of angel, pegunungan bebatuan seperti tumpukan kotoran unta raksasa yang mengeras.

href=”https://sarapandingin.files.wordpress.com/2012/05/20120526-024616.jpg”>20120526-024616.jpg

Bagi yang sudah kelelahan, bisa mencoba menaiki taxi (Maserati, Ferrari, maaf, bukan…err unta, dan keledai, taksi mewah di petra) dengan harga 20 JD one trip sekitar 1 km, ada tambahan biaya jika ingin lanjut jalan, saran saya, jangan.

Al deir

Sampailah di al deir, saya menempuh perjalanan sekitar enam jam dari pintu pertama, kelelahan di jalan berdebu terbayar sudah, inilah yang ditunggu-tunggu.

20120526-024950.jpg

Petra tidak untuk disentuh, tapi dinikmati dan memanjakan mata, naiklah ke top of the world (bukit setinggi gedung lantai 20) untuk melihat aldeir di tengah-tengah pegunungan cadas. Di sanalah kita bisa merasakan breath taking moment. Makam nabi harun bisa terlihat dari top of the world. Dekat al deir banyak tempat untuk meluruskan kaki sejenak, menikmati yang segar-segar, Pilihan jatuh pada jus jeruk merah hanya 2 JD, sambil mengoleskan krim pereda nyeri otot pada betis yang mulai nyut-nyutan.

href=”https://sarapandingin.files.wordpress.com/2012/05/20120526-024727.jpg”>20120526-024727.jpg

Petra buka dari pukul 6 pagi hingga 6 sore, jadi pengaturan waktu menuju al deir dibutuhkan, Harus mulai sejak pagi jika ingin ke al deir dan top of the world spot. Perjalanan menanjak kurang lebih 4 jam. Ditambah lihat kanan kiri, 6 jam, tapi turunnya tidak selama itu.

Tips:
bawa air mineral minimal 1 liter di perjalanan, dan bekal makanan.

Pakailah pakaian yang nyaman, sportwear misalnya, dan sepatu yang tidak membuat kaki lecet.

Jika memiliki waktu terbatas, semisal 2 hari saja, dan tujuan utama al deir, lebih baik langsung menuju puncak, ada beberapa jalan menuju spot-spot lain yang bakal bikin lupa tujuan utama.

Before you go

Biaya guide sangat mahal, lebih baik googling sebelum ke petra, banyak warnet di sekeliling tempat, info tentang petra mudah didapat.

Jangan lupa bawa balsem, koyo, atau krim pereda nyeri otot, serius, pasti butuh saat di penginapan usai pendakian.

mata uang jordania, adalah jordania dinnar, atau JD, kira-kira 1JD = Rp. 15.000, jadi cerdiklah mengatur perjalanan ke petra yang seharusnya mahal bisa jauh lebih murah

Taktik cheat

Tiket masuk petra 50 jd, bila ada waktu sebelumnya, cari info tentang mahasiswa indonesia di amman, pinjam id nya, belajar bahasa arab sedikit, karena bagi mahasiswa dan warga negara jordan, tiket masuk hanya 1 jd, agak ribet tapi patut dicoba

Ingat 1JD sekitar Rp. 15.000, bawalah uang secukupnya, jangan tergoda toko-toko souvenir di sepanjang jalan menuju al deir, harganya mahal, barangnya sama saja seperti yang dijual di balad (downtown – amman)

Ketika pulang ke amman, jangan lupa mampir ke balad, bagi pengila oleh-oleh, harga souvenir disana 4 kali lebih murah dibandingkan petra.

Put this in your mind

Ada beberapa maskapai penerbangan direct flight dari jakarta ke Amman, biasanya transit terlebih dahulu, di Abu dhabi, dubai, atau Qatar. Biayanya sekitar Rp……… Pulang pergi.

Jika ingin murah, jangan coba-coba pergi saat musim haji atau musim liburan, tiket pesawat mahal, dan petra jadi sesak.

Visa on arrival, 20JD, pihak imigrasi tidak mau menerima US dollar, jadi bawalah minimal 20 JD, dari Indonesia, atau bisa juga tukar dollar sebelum masuk pintu imigrasi, ada bank yang menyediakan jasa penukaran mata uang. Tidak usah repot bawa pas photo, hanya passport dan uang untuk visa on arrival.

Jangan banyangkan makanan internasional, makanan mesir, dan makanan arab seperti kebab banyak, tetapi rasanya jauh berbeda dengan kebab made in indonesia, bawalah saus dan kecap, jika ingin lidah ‘aman’

Menuju bulan april, perbedaan waktu antara Jordania dan Indonesia, tidak lagi 5 jam, tetapi 4 jam lebih awal.

Pop info

Banyak novel, dan film yang menggunakan petra sebagai lokasi dalam cerita, salah satunya adalah film transformers: revenge of the fallen

Petra menjadi world heritage site oleh UNESCO sejak tahun 1985

Kini petra dihuni suku boudin (badui), banyak turis yang akhirnya menikah dengan suku boudin, dan menetap di petra

Advertisements

Leave a comment

Filed under jalankaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s