Twitter and It’s pleasuring waste

Tahun 2009, twitter menjadi perdebatan saya dengan sepupu. Mempertanyakan fungsinya sebagai microblog. Dia bilang, twitter akan berkembang pesat, patokannya pengguna twitter di amerika. Bagi saya kala itu, buat apa menulis hanya 140 karakter, sama saja seperti sms. Kalau mau ngeblog, ya bikin saja blog, tidak usah buka akun twitter.

Akhir 2009, semakin menjadi- jadi kebiasaan menulis di twitter, hingga hal sepele, semisal telat bangun, dan telat 3 bulan (eh) diumumkan melalu twitter. Sadar tidak sadar fungsinya kala itu bertambah sebagai papan pengumuman.

Mulailah, “pedagang” juga ikut sebagai buzzer, bertambah lagi fungsinya, sebagai ajang berdagang dan promosi.

Beberapa selebritis dunia dan lokal pun juga mendadak sangat extrovert dengan mengumbar kehidupan pribadinya lewat twitter. Ingat beberapa tahun lalu, ngefans dengan Titi Kamal, kita harus berlangganan ke konten provider untuk tahu kehidupan sehari-harinya…ada yang pernah ingat kata-kata Nia Ramadhani “sms yang aku kirim, langsung dari hapeku, bukan dari manajer ku” *kira-kira begitu bunyinya. Ok saya
kala itu nggak pernah berlangganan lho. Nah sekarang, dengan follow @lindsaylohan misalnya, atau @parishilton kita bisa lebih dekat dengan mereka, dan gratis!

2010 merupakan kejayaan twitter, dimana banyak muncul tokoh-tokoh anonim, yang berbicara blak-blakan. Indonesia yang menggandrungi twitter bisa jadi merupakan bangsa pengeluh sekaligus kreatif, bagaimana kata-kata tidak lebih dari 20 kata bisa mempengaruhi orang lain.

Lucunya, banyak demam bintang twitter, yang terjebak untuk Terus twit karena ingin menambah follower *pathetic, 2011 ini, twitter sepertinya masih digandrungi. Akankah nasibnya akan sama seperti friendster di kemudian hari, mungkin iya. Kita lihat saja nanti ketika kicauan mulai sepi dan beralih, mungkin gonggongan atau miaw-an. Selagi masih bisa nyampah di twitter.

Silvano Hajid (beberapa tahun lagi akan bilang: see I told you)

Advertisements

Leave a comment

Filed under Killing time, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s