Sikap abu-abu pemerintah; abu ahmadiyah

Ahmadiyah, sebuah pergolakan islam di india yg sampai ke indonesia.

Kehadirannya di indonesia memberikan polemik berkepanjangan. Beberapa organisasi islam bahkan menentang eksistensi ahmadiyah, yang sudah terdaftar di departemen dalam negeri, sebagai ormas islam sejak tahun 1953. Suara yang menentang disiratkan dalam skb ahmadiyah tahun 2008 lalu, yang mengharuskan ahmadiyah untuk menghentikan penyebaran ajaran yang menyimpang dari ajaran pokok islam, yaitu paham yang mengakui adanya nabi dan ajarannya setelah nabi muhammad saw.

Paham yang mengakui adanya nabi selain nabi muhammad di dalam ahmadiyah disebut sebagai aliran ahmadiyah qadian. Diambil dari nama desa di india, ahmadiyah qadian, mengkultuskan mirza ghulum ahmad, sebagai nabi setelah nabi muhammad saw. Aliran inilah yang pada akhirnya ditentang beberapa ormas islam, mulai yang garis keras, hingga kalangan cendekia.

Di beberapa negara, seperti mesir, dan arab saudi, aliran ini pun sudah dilarang. Ahmadiyah tumbuh subur di indonesia dengan jumlah pengikutnya yang bertambah setiap tahunnya.

Penyerangan-penyerangan terhadap ahmadiyah justru mencoreng pemerintah, karena tidak becus dengan memproduksi 1 skb saja. Banyak orang yang resah, karena hal ini juga akan berdampak pada penegakan hak asasi manusia, yang begitu mudahnya termarjinalkan bagi kaum minoritas. Jejaring sosial seperti facebook, dan twitter yang menjaring opini kaum muda terhadap penyerangan kampung ahmadiyah di bogor jawa barat, baru-baru ini, menyiratkan pemerintah kebingungan. Memang skb akan ditilik kembali, butir-butir skb yang tidak secara tegas memperbolehkan, ataupun melarang aliran ini juga akan (mungkin) di revisi, namun, apakah pemerintah akan menyentuh hak asasi manusia, atau berpijak diatas konsensus yang menentang? Ataukah “masih” abu-abu dalam menentukan sikap?

(Genta Demokrasi, Metro TV – Silvano Hajid)

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s