BANGSA BEBAS

pkhs_birds_white_red_LRG

Kemarin Indonesia merayakan hari jadinya ke 64, banyak yang terjadi kemarin. perlombaan, sail to bunaken, pengibaran bendera dan penurunan bendera di istana, sampai tawuran antara SMA 6 dan 70 (yang terakhir ini F*ck up banget, abg t*i).

Kita bangsa yang mengaku merdeka 64 tahun lalu, lewat perjuangan pahlawan kita (ada cerita yang benar-benar heroik, ada yang ditutup-tutupi, dan ada yang dilebih-lebihkan, tergantung kepentingan siapa) tetapi yang pasti semua orang yang merasa berbangsa indonesia pada masa perjuangan adalah sejatinya pahlawan.

beruntung bagi kita yang hidup di era kini. yang hanya kita lakukan adalah menikmatinya, mengakuinya bahwa kita telah merdeka, bahwa kita sudah tidak teraniaya lagi.

Nyatanya sebagian besar dari kita, dan anehnya merasa sebagai kaum marginal malah merasa terjajah, karena mental terjajahnya itu yang timbul setelah anti klimaks kita merdeka. mental terjajah adalah racun pemalas yang susah hilang karena pupuk oleh penjajah tidak terlihat (means memakan bangsanyan sediri untuk kepentingan pribadi). lalu jadi apa kita seharusnya supaya tidak bermental penjajah?

Lewat usaha kecil yang kita bisa lakukan adalah, mulai sadar akan konsep kepemilikan, Indonesia anggaplah milik kita, aset kita, yang harus dijaga, semacam harta yang tidak ternilai harganya, yang tidak bisa ditukar dengan apapun. anggaplah ini usaha sendiri bukan kolektif. karena bila kita menunggu langkah ini secara masal, tidak ada gunanya juga, kapan akan di mulainya?

karena kita sudah menganggap indonesia sebagai jantung kita, hidup kita, harta tak ternilai kita, lalu jauhkanlah dari pengacau…misal; teroris (musuh nyata kita), jamur-jamur fungsional pemerintah, dan semua orang yang menjual negaranya demi kepentingan pribadi. setidaknya ada perlawanan walaupun sedikit. tidak tahu juga, saya sedikit skeptis, clueless…

Advertisements

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “BANGSA BEBAS

  1. sarapandingin

    merdekaaaaaaaa, kemerdekaan ini susah diraih, tidak seperti negara sebelah yang had nothing to do untuk dapat merdeka, I heart Indonesia!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s