Seribu pertanyaan

akhir-akhir ini telinga dan mata saya lelah melihat berita, di intrnet sampai televisi. tentang palestina dan israel, perang antara dua kubu yang akan abadi, di beberapa kitab suci tertera seperti itu, sampai akhirnya kiamat, mungkin perang besar di sebuah lembah, perang armageddon barangkali, itu semua seperti bom waktu yang akhirnya menimbulkan pertanyaan-pertanyaan. kadang kala, kita manusia mempunyai garis hidup masing-masing yang sudah terpatri. kita punya perannya masing-masing, which side? bad side or good side?, bilamana kita sudah ditakdirkan mempunyai suatu peran sebagai salah satu dari kemajemukan, lalu buat apa lagi kita harus berpikir untuk menjadi sesuatu. pikiran bandel saya berucap, bahwa kita punya rel, dan tahu akan menjurus kemana, jika semua rel mengarah ke utara, bagaimana yang akan ke arah timur? kita semua hidup saling melengkapi, punya kepentingan masing-masing, meributkan hal-hal yang tak penting seperti kiamat 2012. apakah peraturan yang tuhan ciptakan untuk diri kita sebelum kita lahir dan tergaris jelas sampai kita mati dapat kita ubah? bagaimana jika kita adalah orang jahat yang ingin berubah dan ingin masuk surga? bagaimana jika 1000, atau semua orang jahat ingin berbuat baik selamanya sampai ajal menjemput dan mendapatkan surganya yang kekal masing-masing?.

Peraturan surga dan neraka, kita semua tahu itu. dan diyakini benar. tanpa menyinggung agama dan keesaan tuhan, bahwa “tuhan membuat takdir kita seperti apa, sebagai satu insan yang melengkapi peran-peran tersendiri di dunia ini, tuhan juga yang menciptakan surga dan neraka, jika kita melangkahi takdir kita untuk sesuatu yang lebih baik, apakah bisa? atau surga dan neraka sudah mempunya guest listnya sendiri?”

satu pertanyaan ber tanda kutip akan menjadi beribu-ribu pertanyaan yang tak akan ada habisnya bila kita telaah lagi, jadi lebih baik kita menjalankan peran kita masing-masing sebaik mungkin, berusaha untuk lebih baik, menurut saya ke esa an tuhan tidak sedangkal itu, jadi mulai saat ini saya akan berusaha lebih baik lagi…bagaimana dengan kalian teman-teman?

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s