Changing

Changing…salah satu lagu dari tahiti 80, changing, change, berubah…

Anita Roddick pernah berkata (yang saya ingat & intepretasikan) manusia tidak akan pernah bisa melawan kehendak alam, konteks perubahan yang terjadi dalam diri manusia seperti apa yang dikatakan Anita adalah, bahwa tidak ada manusia yang tidak bisa tua, nilai tubuh mulai berkurang saat waktu dan alam bekerja sama, tapi kita sebagai manusia berusaha untuk setidaknya menerima perubahan itu, dan menjadikannya hal yang lumrah.

Perubahan yang terjadi di alam, oleh karena ulah manusia tidak tahu diri seperti kita ini, membuat segala sesuatunya menjadi semakin sulit, mungkin yang dimaksudkan dalam perkatan Anita bukan itu, cenderung kedalam tubuh manusia, kita bukan mahluk sintetis, dan bukan juga kayu jati.

Berbicara tentang perubahan, lingkungan sosial juga membantu kita untuk berubah. Berubah dalam bersikap, berubah sesuai dengan usia yang dipengaruhi oleh sifat-sifat mendasar manusia dengan alam dan waktunya. Pernah saya melihat seorang VJ baru, sekitar tahun 2003, dulu ia begitu polosnya, begitu malunya, setelah selang beberapa tahun, semakin banyak yang ia dapat, semakin sering wara-wiri, semakin tua umurnya, dan peilakunya pun berubah. atau pernah saya melihat wawancara seorang aktris yang bisa menyanyi kala itu (sekitar tahun 2000-an) bersikap begitu hati-hatinya diwawancara, dan sekarang setelah sukses dalam bernyanyi sekaligus menjadi aktris ternama, ia begitu terbukanya, tidak ada perasaan hati-hati seperti beberapa tahun yang lalu.

Ada seseorang yang dituntut untuk berubah di dalam lingkungan pergaulannya, secara tidak sadar ia pun berubah, atau ada seseorang yang harus bisa menyesuaikan diri dan berubah di lingkungam barunya. apakah memang esensi manusia terhadap semua eksternalitas yang ada harus menuntutnya menjadi pribadi yang kompleks? atau mungkin pribadi yang dapat menyesuaikan? jadi siapakah sebenernya manusia, apakah kita bisa tahu sesungguhnya manusia itu apa?

Kita bisa tahu diri kita manusia macam apa setelah kita mengetahui evaluasi yang terjadi. tetapi tetap tidak bisa ditemukan bahwa kita manusia, adalah sosok yang begitu takutnya terhadap momok perubahan.

Seorang ibu berusaha menutupi kerut di sekitar matanya dengan (apa itu namanya saya juga tidak tahu) sesuatu. Seorang anak di alaska mulai membeli coat yang tidak terlalu tebal, seorang bocah laki-laki menindik pelipisnya karena teman-teman di sekitarnya adalah anak-anak skin head. Perubahan terjadi juga dengan atribut manusia, perubahan selalu terjadi. apapun bentuknya perubahan selalu menimbulkan kecaman dan pujian, kecaman terhadap kebijakan baru suatu negara, kecaman seorang ibu karena dagunya sudah kendur, kecaman seorang ayah karena perutnya membuncit dan rambutnya menipis, atau pujian seorang anak laki-laki ketika suaranya mulai berubah dan mungkin pujian seorang gadis belia ketika buah dadanya mulai membesar. ketika semua perubahan terjadi, tidak ada waktu lagi untuk berpikir. kita adalah manusia yang begitu khawatirnya dengan perubahan, dan begitu mudahnya untuk berubah.

Advertisements

4 Comments

Filed under Uncategorized

4 responses to “Changing

  1. dania

    Aku selalu suka baca tulisan-tulisan kamu, inspiring banget, thanks

  2. aji

    i’m not changing, i am me..
    a litle man with a complex problem
    hekekekek..
    money changes me

    ^^

  3. Pingback: Dua Keping, Dua Sisi Berbeda. «

  4. Berubah itu susah gampang, ada pribadi yang bilang berubah itu gampang kayak perubahan bentuk Kotaro Minami di Satria Baja Item, tinggal sebut mantra dan berubah.. Sulit dikatakan oleh pribadi yang emang ada kegelisahan, belum ada tujuan.

    Khawatir dengan perubahan, bener..
    Cepat berubah, wajar..
    Gak ada yang salah dan patut disalahkan, manusiawi.

    @sparkling
    Hey you, dude..
    Money changes you?
    Kdang aku juga gitu, berpikir kalo punya duit sekian, level udah beda. Otomatis bisa penuhi keinginan-keinginan kita… inget cerita kalo aku pengen travelling.. xixixi..
    i wish kamu neh tetap seperti yang dulu… *halah.. mank dulunya kayak giman :mrgreen:*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s