DRIM KOM TRU

GM, Goenawan Muhamad, tulisannya membuat saya berpikir dua kali, berkonsentrasi untuk memahami maknanya, Caping salah satunya. menurut saya dia begitu pintarnya, memiliki sebuah attitude yang membanggakan, yaitu; kebersahajaan. buku GM  terakhir yang saya baca adalah 99 essai tentang tuhan, “Tuhan & hal-hal yang tak selesai” (yeah, I have no comment about that book), semua tulisanya yang pernah saya baca membuat satu pemahaman baru, begitu beberapa pintu dibuka, tidak serta merta angin berhembus, tetapi perlahan-lahan, melihat dari berbagai sudut pandang melalui beberapa jendela. GM sampai saat ini tetap menjadi role model saya (walaupun tidak akan pernah bisa se ajaib dia). sekarang saya baru beberapa hari kerja di Tempo, dimana GM membagun majalah ini, dan kemarin, saya bertemu GM, tidak langsung bicara, tetapi hanya melihatnya dari jauh, melihatnya lantas menyimpulkan, “gila enak banget punya bokap kaya’ dia!!!”, hehehehe, diamanapun dia berada, dia begitu sederhananya bertutur, begitu pelannya masuk kedalam pori-pori seperti angin semilir yang menyejukkan.

Padahal dulu waktu kuliah, pernah bikin wishing list, salah satunya harus ketemu sama GM, hahahaha, dream come true, saya nggak perlu buku-buku saya ditandatangani, saya masih gagap bicara apabila ada kesempatan bertatap muka dengan GM, tetapi saya cukup puas dengan mengobservasi dari kejauhan, tentang kebersahajaannya. apalagi saat dia berbicara tentang “orang yang ke 10″ dari ayat sodom & gomora, tuhan tidak akan membuat malapetaka apabila ada 10 orang yang berprilaku baik di kota itu” jadilah kita orang yang ke 10 yang berprilaku baik yang menyelamatkan bangsa kita dari malapetaka. anyway dream come true, kerja di lingkungan idealis dan dinamis, di Tempo, di bagian yang saya sukai, dan menjadi bagian kecil dari tempo, majalah yang pada awalnya ada atas inisiatif GM, disamping tokoh-tokoh lainnya juga.

Leave a comment

Filed under Killing time

Leave a Reply

