Rasa

Berbicara rasa, berbicara juga tentang indera pengecap, tetapi, tidak berhenti begitu saja, definisi rasa tergantung konteks yang terjadi di dalam suatu lingkungan, dan dapat mencakup semuanya.

Rasa itu apa?

rasa adalah identitas yang teridentifikasi oleh bagian tubuh kita, apa mungkin? identitas dalam skala apa?

rasa yang diuraikan oleh lidah kita, rasa yang tersentuh oleh kulit kita, rasa yang ada ketika jantung kita berdegup, rasa ketika hati kita merasakan euphoria, banyak rasa yang dapat kita definisikan di tiap jenkal badan kita dalam keadaan sadar (dalam keadaan tidak sadar mungkin kita juga masih bisa memaknai rasa secara minimal, tergantung tingkat kesadaran alam bawah sadar kita).

di sini berbicara rasa, berbicara juga tentang hati, rasa yang dikehendaki dengan suasana euphoria yang sedang saya alami, bergejolak melalui pesan yang disampaikan otak. saya bisa melompat-lompat kegirangan dengan aura yang meletup-letup, atau tersenyum-senyum sendiri karena suatu kabar yang menggembirakan. tapi rasa juga dapat menjadi ‘senjata makan tuan’ ketika sudah menyentuh konteks agama, agama yang saya anut adalah Islam. Islam, bagi saya adalah agama yang dapat mengendalikan saya daris egala tindakan yang berlebihan, agama yang menjadikan saya lebih peka terhadap sesama, membuat saya menjadi manusia seutuhnya yang penuh dengan ketidaksempurnaan di hadapan Allah SWT.

Sampai titik inilah saya memahami tentang apa yang saya rasakan ini, sebaiknya tidak meluap-luap, sebaiknya tetap tenang, tuhan memberikan berkah sekaligus musibah, akan menjadi musibah apabila kita tidak dapat mengatur berkah itu dengan baik dan benar. berkah itu juga berkaitan dengan rasa, rasa gembira yanbg berlebihan, menjadikan seseorang yang riya, sejauh mungkin rasa dapat menghantarkan kita menjadi orang yang sombong dan picik, maka, yang bisa saya lakukan adalah, berdoa supaya saya tidak terbuai dengan rasa, dan tidak menjadi riya.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

